MOST RECENT

|

Pakai Kebaya Cermin Keanggunan Perempuan Indonesia

Kehadiran kebaya dengan desain dan motif klasik yang terus berkembang membuat batik selalu berhasil bertahan, walaupun kehadiran busana modern terus bermunculan.

Saat ini kebaya memang semakin digandrungi setiap wanita Indonesia. Tak hanya cocok dikenakan pada acara bersifat formal, tetapi juga di acara santai.Keindahan kebaya menjadi cermin keanggunan perempuan Indonesia.

Beragam corak dan motif serta model yang bermunculan sepanjang 2012 ini. Lantas seperti apa tren busana nasional Indonesia tersebut?

Seiring perkembangan zaman, perubahan tren kebaya yang terlihat berkembang dari aplikasi, bahan, dan cutting yang dipamerkan para desainer.

Riny Suwardy, misalnya. Desainer kebaya ini selalu memberikan desain yang fresh dari tahun ke tahun. Pada 2012 ini, Riny menyuguhkan konsep baru yang lebih fresh, girly, namun tetap menjaga keelokan serta keanggunan kebaya.

Sentuhan aksen papillon yang berarti kupu-kupu menjadi inspirasi desainnya kali ini. Riny menggambarkan kebaya-kebayanya tampil cantik bak kupu-kupu dengan ornamen warna-warni yang berani.

Kepak sayap kupu-kupu yang terlihat anggun, kombinasi warna sayap yang memesona, serta kecantikan kupu-kupu menjadi filosofi tersendiri dalam garis rancangan kebaya Riny Suwardy kali ini.

Tak kalah dengan koleksi Rini Suwardy, kali ini tren kebaya Era Soekamto mengambil unsur perkawinan 2 budaya.

Kebaya yang identik dengan aksen renda coba dipinggirkan jauh-jauh sejenak. Sebagai gantinya, Era Soekamto menawarkan potongan kebaya yang dinamis dan modern dengan bermaterial kain etnik hasil silang dari dua budaya. Adalah Jawa dan Makassar yang menjadi fokus Era Soekamto dalam menginspirasi rancangannya sebagai trend 2012.

Keindahan tenun Makassar dan dodot Jawa dikombinasikan sehingga menghasilkan hasta karya indah. ”Saya mencintai sejarah dan kebudayaan. Karenanya saya mengawinkan budaya Bugis dan Jawa,” katanya

Dilanjutkannya, budaya Bugis terkenal dengan baju bodo sementara Jawa khas dengan baju dodot.
”Perkawinan itulah yang saya tampilkan dalam busana yang cantik dan modern,” sambungnya. Tak heran pada malam 'trend show' tersebut, Era memberikan penyegaran pada tampilan kebaya.

Dengan material tenun Sulawesi Selatan, ATBM, dan sifon, busana rancangan Era pun terlihat moderen dan dinamis. Era memberikan penyegaran tampilan kebaya dengan baju bodo dalam kemasan yang sangat cantik.

Ikon pakem kebaya

Masih ingatkan Anda dengan mendiang ibu Tien Soeharto, istri mantan Presiden RI, almarhum HM Soeharto dinilai sebagai ikon pakem kebaya.

Dalam catatan sejarah fashion Indonesia, Ibu Tien Soeharto selalu menunjukan kepiawaiannya dalam berbusana. Beradaptasi bukanlah sesuatu yang sulit. Busana andalannya adalah kebaya, biasanya kebaya klasik untuk acara-acara semiformal atau nonformal.

Beliau selalu menggunakan kebaya model 'kutu baru' dengan pasangan kain wiru yang tidak dijahit dalam berbagai kesempatan acara kenegaraan di dalam maupun luar negeri. 

Sumber  inilah.com

Posted by Sang Penulis Independent on 02.22. Filed under . Anda dapat mengikuti respon untuk entri ini melalui RSS 2.0. Dan Jangan ragu untuk meninggalkan sebuah respon atau komentar disini
Sobat suka dengan semua yg ada disini,..?

Dapatkan ALL ADVsiip 'IH' Gratis Via Email

Follow @ikh_wan_siip

0 komentar for "Pakai Kebaya Cermin Keanggunan Perempuan Indonesia"

Leave a reply

Keluar Silahkan Follow Dan Klik Suka...!
Inovasi Hidup : ADVsiip

Blog Archive

Recently Commented

Recently Added